3 Usaha bisnis yang mampu meningkatkan pendapatan anda dengan mudah


   



Yuk kita belajar jadi pengusaha, disini tipsmudahnya akan memberikan tips 5 usaha yang mampu meningkatkan pendapatan anda diluar pekerjaan yang membosankan. Sambil menyangkul sekalian menanam itulah yang ada dibenak saya ketika saya berkerja diperusahaan.

Kita mulai aja deh, berikut adalah ulasanya :



1. Bisnis usaha ternak lele
https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEizgO6ldHHWqeey1d3kIUgx6hjk4FfSi36cA5HySc00uK7-nCHNq1eX_SDbr8c1VZrBYwoKmlLa9vojNY1VF5RBruBlsJBDnDWDNNChiVD-Esz9sESC9_pQPITXyeOMuRqScsyw5w4O_C2KTA3z9aiyOhB_bmBXOGEShcCjqyySvVlA=
Ada keunggulan dalam ternak lele 

1. Mudah
Kenapa saya bisa bilang mudah?, karena ternak lele tidak perlu menggunakan tempat yang luas, gunakan saja tempat kosong dirumah anda. Menggunakan media terpal dalam sehari anda bahkan kurang dalam sehari anda bisa membuat kolam lele menggunakan media terpal, selain itu penggunaan media terpal dalam pembuatan kolam tidak menguras tenaga.

2,Hemat
Hanya menggunakan lahan yang ada bambu dan terpal, bisnis ikan lele menggunakan media terpal tidak memakan modal yang besar.
Kisaran usaha anda tergantung seberapa banyak modal dan lahan untuk dijadikan usaha

3.Lebih mudah terkontrol
 Dalam bisnis ikan lele terpal ini akan lebih terkontrol dalam pengecekan hama dan penyakit, anda lebih mudah memindahkan lele yang terkena hama maupun terkena penyakit, termasuk cuaca dan intensitas air

4.Lebih mudah dalam pembersihan kolam
Dalam metode kolam terpal sangat mudah dalam melakukan pembersihan, caranya sangat mudah

- Pindahkan lele yang berada dikolam tersebut
- Kuras air kolam sampai terlihat dasar kolam tersebut
- lalu sikat sampai bersih (jangan gunakan bahan yang berbusa ataupun bahan pembersih)

lalu isi kolam tersebut dengan air baru dan masukan lagi lele tersebut kedalam kolam
Mudah bukan dalam pembersihan kolam lele tersebut.

5. Lebih Fleksibel
Seperti yang saya utarakan di Atas. Lebih fleksibel karena bisa ditempatkan dimana saja kolam tersebut. Gunakan ruang kosong yang ada dan anda dapat membuat kolam terpal lele dengan mudah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-retI5Vbpwae5oicK6iNLed7fZDnfX_PkUfStB-OI117cn0R5SMyqtX09XoY_2_E2WfFNZ3FzjU_dowC1fFt2M5HfqzhjRP1WSHbrSGpOGFfwfG8nH_SCwl1oQYjaWac9CYomlLqDizoB/s320/analisa+bisnis+ternak+lele.jpg

1. Diperlukan sebuah terpal dengan ukuran (misalkan) 2 meter dan harga permeternya 65,000 jadi 130,000
2.Bambu utuh kisaran harganya sekitar 50,000 hingga 75,000 
3.Paku 1 kg ukuran 4cm harganya 15,000

Jumlah : 130,000 + 75,000 + 15,000 = 220,000

Biaya Produksi yang diperlukan untuk bibit lele pada kolam terpal

Harga bibit benih lele 3000 ekor dengan harga perekor 2,850 (Info bibit benih lele januari 2016)
2,850* 3000 = 8,550,000 (harga bibit lele diasumsikan untuk jumlah yang tidak tertentu, sesuai dengan ukuran kolam terpal yang digunakan)

Harga pakan ternak lele 
Cacing sutra 10kg dengan harga perkilonya 7,500 (harga cacing sutra awal januari 2016)
7,500 * 10 = 75,000
Pakan pelet 2bal dengan harga perbalnya sekitar 200,000
200,000*2 = 400.000

Dengan total Awal modal ternak lele ini  9,245,000
Modal awal hanya dikeluarkan ketika sedang membuat ternak lele, untuk biaya pemeliharaannya perbulan hanya 1,500,000

Dengan keuntungan usaha bisnis ternak lele ini mencapai 15,000,000 (jika diasumsikan)
dengan keuntungan bersih 15,000,000 - 9,245,000 = 5,755,000
Keuntungan anda selama sebulan lebih dari 5 juta lebih, WOW bukan itu melebihi gaji seorang sarjana,

Selain usaha pembesaran ikan lele di kolam terpal, anda juga dapat memulai usaha pembenihan ikan lele dikolam terpal.

Anda dapat menjual benih ikan lele dalam berbagai ukuran, para petani lele menjual benih lele dalam model gelasan
1.      Benih Ukuran 1-2
2.      Benih ukuran 3-4
3.       Benih ukuran 5-6

2. Bisnis usaha budidaya jamur

Di akhir tahun 2015 ini telah banyak berkembang budidaya jamur yang semakin marak terutama jamur kuping, karena kebutuhan pangsa pasar yang sangat besar
Para pengusaha semakin giat dalam budidaya jamur.

Jamur pada awalnya merupakan tanaman pengganggu, namun dengan berjalannya waktu bahwa jamur memiliki zat pangan yang sangat dibutuhkan manusia, nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan manusia.

Tak hanya itu jamur dikenal memiliki cita rasa yang khas jika dijadikan sebuah masakan, Rasanya yang kenyal dan dapat menggugah selera para penikmatnya.
Jamur menjadi makanan yang mendunia, bahkan sudah sering digunakan restoran dan juga masakan rumahan.

Jamur sendiri merupakan tanaman yang tidak memiliki klorofil sehingga bersifat heterotof.        
maka tanaman jamur sangat bergantung pada substrat yang dihasilkan dari tempat hidupnya seperti merang, kayu atau serbuk gergaji.(sumber : Wikipedia)

Jenis Jenis usaha bisnis jamur kecil

Jamur memiliki banyak varian, Namun tidak semua jamur dapat dikonsumsi, dari berbagai jamur jamur yang  ada, beberapa yang telah popular yang sering dikonsumsi para penikmat jamur dan juga pembudidaya jamur

Beberapa diantaranya adalah :

Usaha bisnis jamur tiram

Jamur tiram merupakan jamur yang sangat digemari oleh masyarakat umumnya, Jamur ini mirip seperti paying berwarna putih dengan citarasa yang sangat kenyal sangat cocok untuk disajikan disebuah masakan.

Baik itu berbentuk jamur crispy, jamur tongseng maupun jamur gulai. Jamur ini harga dipasaran berkisaran 15,000/ons kebutuhan jamur tiram ini dipasaran sangat besar, namun produksi di Indonesia saat ini sangat kecil dibandingkan kebutuhan pasar. Sehingga peluang usaha jamur tiram ini sangat berpotensi dan dapat dibuat dirumah.

Usaha bisnis jamur merang
  
Jamur merang sesuai dengan namanya yaitu jamur yang hidup di antara tumpukan jerami,namun mulai saat ini mode tanam jamur merang sangatlah mudah dengan hanya menggunakan kardus dan sisaan serbuk gergaji.

Bentuk dari jamur merang ini Nampak seperti kancing atau lonceng dengan warna hitam ke abu-abuan. Rasa jamur merang tidaklah kalah dengan jamur yang lainnya,harganyapun sangat terjangkau untuk kalangan menengah keatas.

Usaha jamur kuping

Jamur kuping awalnya adalah tanaman pengganggu yang tidak memiliki nilai harga jual di pasar. Namun seiring dengan perkembangan jaman pada saat ini jamur kuping sudah dapat di olah sebagai bahan makanan atau bahan herbal yang dapat berkhasiat untuk penggunanya.

Tingginya permintaan konsumen terhadap jamur kuping ini sangatlah pesat,hingga peluang untuk membudidayakan jamur kuping ini sangatlah berpotensi dalam peluang usaha.

Usaha bisnis telur dari ayam petelur

Pada saat ini kebutuhan telur sangatlah besar terutama bisnis bisnis yang menggunakan bahan dasar telur,contahnya usaha bakery,usaha saus tiram dan sebagainya.

Telur sangat dibutuhkan banyak masyarakat karna mempunyai banyak kandungan protein di dalamnya,yang sangat di perlukan oleh tubuh manusia,perbandingan produksi telur di Indonesia dengan Negara lain sangat jauh perbedaannya.

 Kebutuhan konsumsi rata rata di Indonesia 8,38kg/kapita/tahun ini tentu sangat berbeda dengan kebutuhan orang luar negeri yang mencapai rata rata 25kg/kapita/tahun, memang sangat lah berbeda dibanding kebutuhan diluar negeri yang mencapai 25kg/kapita/tahun

Keuntungan memanfaatkan usaha bisnis telur

Dalam usaha ini memang yang dibutuhkannya adalah telur, namun masih banyak yang dimanfaatkan dari ayam petelur ini, contohnya adalah:

1.       1. Kotoran ayam bisa digunakan untuk pupuk tanaman, maupun untuk pakan ternak lele. Tak hanya itu kotoran ayam saat ini dapat digunakan untuk biogas untuk keperluan masak, maupun keperluan produksi
Bulu ayam bisa dimanfaatkan menjadi alat kebersihan seperti kemoceng dan sebagainya. 
  Ayam yang sudah mati juga bisa dijual untuk pakan ternak lele (baca juga caranya)Ayam yang sudah tidak memproduksi telur dapat juga dijual untuk dijadikan daging ayam untuk keperluan resto maupun rumah.

Analisa usaha bisnis ayam petelur

Modal yang diperlukan kisaran 150,000 per ekor jika ingin membeli 100 ekor kisaran 15,000,000 sangat diperlukan (modal awal)
Dalam pembuatan kandang dibutuhkan modal sekitar 7,500,000 (harga tersebut bisa ditekan dengan penggunaan kayu bekas penggunaan bahan bangunan)
Ayam siap telur atau yang disebut PULLET dengan harga kisaran 60,000 misalkan membeli 100 ekor dengan harga 6,000,000
Pakan Konsetrat 3kg dengan harga perkilonya 6,500 maka total 19,500
Pakan beras jagung 8kg dengan harga perkilonya 4,000 maka total 32,000
Pakan bekatul 2kg dengan harga perkilonya 3,000 maka total 6000
1 ekor ayam perharinya butuh 120gr pakan , maka dengan banyaknya ayam dikalikan perekor ayam tersebut.
Total biaya pakan yang di butuhkan ayam berproduksi berkisaran 4,000,000 per bulan.
Hasil telur untuk 100 ekor ayam rata rata berkisaran 10 kg/hari
Harga telur Rp.18.00,per/kg x 10 kg/hari = Rp.180,000 per hari keuntungan perbulan mencapai 18,000,000
Belum kotoran ayam dan juga bulu ayam yang dijual

Berikut adalah 3 usaha UKM yang dapat meningkatkan keuangan anda. Memang tak mudah namun waktu dan kerja keras akan memberikan dampak yang baik bagi usaha anda. Semoga artikel tipsmudahnya ini bermanfaat bagi yang ingin memulai usaha UKM. Sampai disini dulu byee sampai bertemu di artikel selanjutnya.
Share on Google Plus

About Unknown

Seorang pemuda yang ingin menggapai semua angan untuk membahagiakan orang terdekat "memberikan tips" dan yang terpenting orang tua
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar